Lompat ke konten
Home » Tips Ikan Koi » Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula –  Seperti yang kita tahu Ikan Koi merupakan  salah satu jenis ikan hias yang sangat difavoritkan oleh masyarakat di dunia, dan juga Indonesia. Ikan ini sangat menarik perhatian karena memiliki corak dan warna yang menarik sehingga sangat cocok untuk ikan hias. Sejak kemunculannya di negara asalnya yaitu di Jepang, ikan hias koi menjadi semakin terkenal di kancah dunia. Namun, para breeder dan pembudidaya sudah tahukah tentang sejarah ikan koi?

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Sejarah Ikan Koi

Sekitar abad ke-12 di Jepang. Kaisar Jepang senang sekali memelihara ikan koi, suatu ketika kaisar melihat tingkah laku yang aneh pada ikan koinya. Ikan itu melompat-lompat seperti ingin keluar dari kolam oleh kaisar ikan itu dibawa keluar istana.

 

Baru saja kaisar keluar dengan membawa ikan koi kesayangannya itu, terjadilah gempa yang sangat dashyat, dan kisar selamat karena ia berada diluar halaman kerajaan. Itulah awal mula mengapa ikan koi disebut ikan keberuntungan dan berharga mahal.

Para Samurai di Muromachi di Jepang menghargai ikan ini sebagai simbol keberanian dan usaha keras/pantang menyerah dan secara khusus juga dianggap sebagai simbol dari anak lelaki yang kemudian dikaitkan dengan perayaan hari anak laki-laki (Kodomo no Hi), setiap 5 Mei, yang ditandai dengan diadakannya festival.

Sejak tahun 1948, hari anak-anak yang menjadi simbol harapan akan kesehatan dan kemakmuran itu, dijadikan hari libur nasional.

Pada perayaan itu, akan ditampilkan boneka kesatria yang membawa bendera koinobori berbentuk ikan-ikanan. Bendera itu juga yang akan dikibarkan di Jepang untuk menandai perayaan Kodomo no Hi itu.

Bendera itu muncul dari kebiasaan yang dimulai sejak pertengahan zaman Edo (1600-1868). Bermula dari legenda Cina tentang ikan koi (karper), yang berenang mendaki melawan arus, lalu menjadi naga. Di Jepang, ikan karper kemudian menjadi simbol kesuksesan.

Dalam buku berjudul Koi karya penulis Jepang yang bernama Takeo Kuroki. Ia menyebutkan bahwa sesungguhnya ikan cantik ini berasal dari Persia yang kemudian dibawa ke Jepang oleh orang-orang Cina lewat daratan Cina dan Korea. Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Ikan Koi, datang ke Indonesia diperkirakan tahun 1981 s/d 1982. Koi pertama ini panjangnya mencapai 100cm, dan bisa berumur 50 s/d 75 tahun. Ikan ini dibawa oleh seorang pecinta ikan bernama Hani Moniaga. Ia kemudian mengembangkan peternakan koi di Cipanas, Jawa Barat. Sejak saat itu, ikan koi jadi populer di kalangan masyarakat pecinta ikan.

Jai meskipun ikan koi berasal  dari negara jepang dan merupakan ikan yang sangat mahal. Hal ini karena mitos yang banyak di percayakan kebanyakan orang mengenai ikan hias satu ini.  Itulah kenapa ikan koi memiliki harga yang terkadang sangat fantastis. Tetapi sekarang ini ikan koi sudah banyak diperjual belikan secara bebas. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang budidaya ikan hias cantik ini. Meski dahulu harga ikan koi sangat mahal dan karena sekarang sudah banyak yang budidaya ikan ini Harga ikan koi sekarang mejadi lumayan terjangkau dan berbagai variasi harga tergantung warna dan ukurannya.

Nah, Untuk Anda yang masih pemula dalam bidang ikan koi, informasi ini akan sangat berguna untuk Anda. kali ini akan kami bahas mengenai Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula. Apa saja itu? Simak beberapa tips berikut ini :

Memilih Lokasi Kolam Koi

Dalam membudidayakan ikan koi, salah satu faktor yang nantinya akan berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya adalah pemilihan lokasi pembuatan ikan koi. Dengan memperhatikan segala aspek, pembuatan kolam ikan koi akan bisa dimulai jika sudah memilih tempat yang pas dan aman untuk ikan.

Sebagai salah satu rekomendasi lokasi penempatan kolam ikan koi terbaik adalah ditempat yang sepi dan tidak banyak dilalui oleh orang. Ikan koi mudah terkejut, dengan penempatan kolam ditempat yang tenang, tentu saja akan membantu untuk menenangkan ikan koi. Juga, jauhkan kolam dari predator agar ikan merasa aman.

Terlebih lagi, hindari pembuatan kolam ditempat yang dipenuhi oleh pohon rindang. Sebab, dedaunan yang jatuh ke kolam akan mengotori kolam dan mengubah kadar pH air dalam kolam. Kecuali jika Anda menempatkan jaring diatas kolam agar daun yang jatuh tidak masuk ke kolam.

Membuat Kolam Koi

Untuk pembuatan kolam ikan koi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat. Setelah tempat yang sesuai sudah ditemukan, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan kedalaman kolam ikan. Tidak seperti kolam ikan hias, kolam untuk budidaya ikan koi ini tidak perlu pengukuran evalasi. Jadi, pembuatannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan medianya juga sangat mudah. Media pembuatannya bisa di permukaan tanah, didalam tanah, atau kombinasi antara keduanya.

Bahan baku pembuatan ikan koi ini bisa menggunakan terpal, semen, atau batu bata. Kelebihan pembuatan kolam ikan koi dengan menggunakan batu bata adalah lebih fleksibel dengan bentuk kolam yang diinginkan. Dalam pembuatan kolam ikan koi ini juga perlu memperhatikan pembuangan dan tempat aliran air dapat masuk dan saling bergantian. Untuk itu, peletakan pompa air, air terjun, air mancur, dan filter air bisa jadi faktor yang dapat membantu agar kolam ikan tetap bersih dan sesuai untuk ikan koi.

Secara umum, kolam ikan koi yang bisa dijadikan kolam budidaya adalah kolam dengan kedalaman kurang dari 1 meter. Hal semacam ini akan berguna untuk ikan karena ikan memerlukan banyak ruang untuk bergerak. Apalagi jika ikan-ikan koi yang dibudidayakan tadi mulai menjadi ikan hias koi dewasa, maka ruangan kolam akan semakin menyempit dan menyempit. Maka itu, kolam yang disediakan juga harus cukup dalam dan luas disesuaikan dengan jumlah ikan koi yang ada.

Memilih Ikan Koi

Pada awal pembudidayaan ikan koi, pemilihan ikan koi pertama menjadi dasar. Jika awalnya sudah memilih ikan yang berkualitas, maka seterusnya kualitas bisa dipertahankan.

Dalam pemilihan ikan koi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bentuk badan ikan koi adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Ikan koi memiliki bentuk badan yang ideal antara panjang dan tingginya. Ikan koi memiliki panjang antara 12 atau 13 dan memiliki bentuk tubuh yng bulat memanjang tetapi tidak menampilkan tubuh yang gemuk.

Kemudian, pada tubuh ikan koi yang harus diperhatikan untuk mendapatkan ikan koi berkualitas adalah pada garis punggungnya. Ikan koi berkualitas memiliki garis punggung yang lurus alias tidak melengkung. Selanjutnya adalah cara berenang si ikan. Ikan koi super juga bisa dilihat dari cara berenangnya. Ikan koi yang baik akan berenang dengan seimbang karena memiliki sirip yang seimbang di kanan dan kirinya, atau dikenal memiliki jitai baik.

Memilih Pakan Koi

Pada dasarnya, ikan koi memiliki kemampuan untuk makan apa saja yang penting sesuai dengan kadar gizi yang dibutuhkan. Hal ini karena ikan koi merupakan hewan omnivora. Secara umum, demi menujang kebutuhan nutrisi ikan koi, ada 2 macam makanan yang bisa dipilih untuk diberikan pada ikan, yaitu makanan alami dan buatan. Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Makanan alami untuk ikan koi bisa didapatkan dengan mudah dari alam, seperti cacing, ulat, udang, sayuran dan jeruk atau semangka. Makanan alami diatas itu bermanfaat untuk memberikan asupan protein dan banyak nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan ikan koi. Pemberian pakan alami perlu dilakukan sesuai tahapan karena ada beberapa kasus jika ikan koi tidak terlalu suka dengan beberapa jenis makanan sayuran. Selain itu, ada beberapa pakan alami yang harus dihindari karena tidak bisa dicerna oleh ikan koi, yaitu jenis biji-bijian, seperti jagung atau kacang.

Jenis makanan koi kedua adalah makanan buatan. Makanan buatan ini dibuat oleh manusia sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan. Pembuatan pakan ini dilakukan oleh manusia dengan mempertimbangkan beberapa bahan alami dan bahan pelengkap nutrisi agar ikan koi bisa tumbuh besar dengan cepat. Makanan buatan ini biasa disebut dengan pelet atau makan racikan. Jika breeder menginginkan makanan buatan yang lebih sesuai dan bisa meningkatkan kualitas ikan koi lebih cepat, maka bisa diberikan pakan ikan asli import dari Jepang.

Pemilihan Pakan Bebas Zat Berbahaya

Dalam salah satu Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula, memang pemilihan pakan ikan koi harus dilakukan dengan hati-hati. Harus sangat dihindari pemilihan pakan ikan yang berpengawet. Pakan ikan mudah basi adalah pilihan yang tepat karena biasanya dibuat dari bahan yang alami. Selain itu, pengemasan pakan alami ini biasanya menggunakan tempat kedap udara untuk mencegah datangnya bakteri.

Perusahaan kami CV. Agro Koi Farm menyediakan berbagai jenis serta ukuran ikan koi dengan kualitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Ikan koi yang kami jual merupakan hasil langsung dari budidaya kami sendiri, maka dari itu ikan koi dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perawatan ikan koi atau lain sebagainya, bisa klik disini

Cek Channel YouTube kami di https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPON 085-791-708-791. Informasi lebih lengkap Klik Disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *