Lompat ke konten
Home » Tips Ikan Koi » Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium

Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium

Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium

 

Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium – Siapa sih yang tak ingin memelihara ikan koi yang cantik di taman depan rumah maupun di akuarium rumah? Melihat keindahan corak dan warna ikan koi pasti membuat siapa saja ingin memeliharanya.

Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium

Banyak yang menyukai ikan hias satu ini. Selain warnanya yang indah ikan hias ini dipercaya membawa keberuntungan untuk siapa pun yang memeliharanya. Yang menarik lagi dari ikan hias satu ini adalah ikan koi merupakan ikan hias yang bisa hidup hingga puluhan tahun dengan panjang mencapai 100 cm. Selain itu warna indah dan elegan yang dimiliki ikan koi bisa memikat banyak orang walaupun orang tersebut tidak termasuk orang yang hobi terhadap ikan hias satu ini.

Bagi penggemar ikan hias, ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang wajib dimiliki. Meskipun ikan hias koi dibanderol dengan harga yang cukup tinggi tidak menyurutkan minat bagi breeder dan pembudidaya ikan hias untuk memelihara ikan dengan corak khas ini. Bagi sebagian kalangan, ikan koi juga dikenal sebagai ikan yang dapat memberikan kedamaian dan keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya.

Untuk ikan koi sendiri ada banyak jenisnya dan di setiap itu memiliki corak dan ciri khasnya masing-masing. Ikan koi sendiri secara umum bisa hidup di lingkungan yang beragam dengan tingkat adaptasi yang cukup cepat. Maka itu, jenis kolam seperti apa saja yang akan digunakan untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi ini bisa apa saja. Dan salah satu caranya adalah dengan membudidayakan ikan koi di akuarium. Berikut ini adalah informasi mengenai Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium dan Cara Membuat Akuarium Ikan Koi.

Cara Membuat Akuarium Ikan Koi

 

Akuarium untuk ikan koi sebenarnya sudah bisa kita temukan di toko atau tempat pembudidayaan ikan beserta perlengakapannya. Namun, jika anda ingin menghemat biaya dan ingin membuat kolam akuarium ikan koi milik Anda sendiri, maka Anda bisa membuatnya dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini. Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium dan Cara Membuat Akuarium Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium
Bahan yang Dibutuhkan

Material utama untuk pembuatan akuarium adalah pembatasnya, atau dindingnya yang akan menampung air kolam. Bahannya bisa kaca, atau plastik transparan, atau material sejenis. Untuk kualitas terbaik, gunakan kaca jenis anil yang tidak akan menghasilkan serpihan saat pecah. Untuk bahan pelengkap lainnya bisa disimak berikut ini:

  • Lem kaca atau lem silikon
  • Lem tembak pisau cutter atau pemotong kaca
  • Cairan khusus untuk membantu membelah kaca
  • Penggaris
  • Lakban
  • Gerinda’spidol
  • Obeng
  • Kabel skimer
  • Kontainer besar untuk dudukan atau penahan pembuatan akuarium


Persiapan Membuat  Cara Membuat Akuarium Ikan Koi

 

  1. Tentukan ukuran akuarium yang akan Anda buat. Pertimbangannya adalah berapa ikan koi yang akan Anda pelihara. Jadi pastikan ukuran yang akan Anda buat nantinya akan sesuai untuk jumlah ikan koi Anda hingga dewasa.
  2. Apabila akuarium dibuat untuk tujuan dekorasi, maka sesuaikanlah ukuran akuarium dengan luas ruangan yang Anda miliki untuk memajang ikan hias koi Anda.
  3. Pastikan kaca yang akan digunakan dihaluskan terlebih dahulu sebelum melukai saat pembuatan akuarium tersebut.

Pembuatan Akuarium

 

  • Gunakan dudukan kontainer untuk merangkai badan akuarium.
  • Rangkai kaca yang akan digunakan untuk dinding akuarium dengan menggunakan lem silikon agar saling menempel.
  • Anda bisa menggunakan bantuan dari lakban untuk membantu melekatkan antar kaca karena bisa jadi lem tidak terlalu kuat menyatukan bagian kaca.
  • Setelah kering tambahkan lagi lem pada bagian yang melipat untuk mencegah kebocoran air pada akuarium nantinya.
  • Apabila dibutuhkan, rangkaian besi bisa digunakan di bagian sudut akuarium agar pelekatan bisa lebih kuat dan air tidak bocor.
  • Setelah akuarium sudah selesai, masukkan air sesuai dengan suhu yang cocok untuk ikan koi, jangan lupa tambahkan filter air pada bagian dasar akuarium.
  • Untuk penambahan ekosistem atau dekorasi dalam akuarium, bisa ditambahkan aksesoris seperti pasir pantai imitasi yang bersih, bebatuan, tanaman, dan yang lainnya.

Perhatikan Kualitas Air Akuarium

 

Untuk menjaga kebersihannya, lakukan pembersihan pada kolam ikan koi setidaknya satu kali dalam seminggu. Penggantian air tidak dilakukan langsung 100%, melainkan membuang air lama 20 – 50% terlebih dahulu. Jadi ikan koi tidak terkejut dengan suhu air yang berubah.

Apabila air kolam ikan koi dibiarkan tetap keruh, maka ikan koi akan semakin lemas. Untuk tingkat keasaman pH dari air kolam ikan sendiri yang ideal adalah 7.0 sampai 8.0. Maka itu, ikan koi tidak akan sanggup bertahan di air kolam dengan pH air dibawah 5.0 atau diatas 10.0.

Untuk komposisi air sendiri, pastikan air terbebas dari kandungan klorin yang umumnya bisa ditemukan dari air olahan. Endapkan air terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam kolam. Tambahkan antiklorin kedalam air untuk menghilangkan zat klorinnya.

Apabila air kolam yang digunakan adalah air alami, maka perhatikan kemungkinan tercampurnya air dengan zat-zat berbahaya seperti merkuri, insektisida, phenol, bahkan minyak.

Penempatan Akuarium

 

Untuk langkah penempatan akuarium adalah dengan menempatkan di area yang tidak terkena matahari secara langsung dan tidak banyak dilalui oleh orang namun ikan masih bisa dinikmati dari jauh. Hal ini karena ikan koi sangat sensitif terhadap cahaya matahari yang sangat panas dan juga getaran dan suara tiba-tiba. Tempatkan juga akuarium di area yang cukup tinggi agar terhindar dari predator ikan, seperti kucing, anjing, atau semacamnya.

Supaya akuarium nampak lebih menarik lagi, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman air tawar yang juga akan membuat ikan semakin senang dengan ekosistem yang ada. Tambahkan juga beberapa bebatuan kecil sebagai replika dari habitat asli si ikan koi. Hal ini akan bermanfaat agar ikan betah didalam akuarium dan bisa bertumbuh kembang dengan baik.

Persiapkan Pakan Ikan Koi


Beberapa tips berikut bisa dilakukan sebagai salah satu cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium dan Cara Membuat Akuarium Ikan Koi. Tips berikut adalah tentang penyiapan pakan buatan penuh nutrisi untuk menunjang kesehatan si ikan koi.

Tips berikut bisa diaplikasikan agar bisa mendapatkan campuran pakan ikan koi yang pas dan tepat.

Pertama-tama, campur udang kecil dengan telur, bawang putih, vitamin C dan juga sedikit agar-agar. Tambahkan sedikit air lalu blender hingga halus. Untuk menambah aroma bisa ditambahkan pelet makanan ikan didalam air panas lalu masukkan ke bahan campuran yang sudah diblender tadi.

Setelah didinginkan beberapa saat, makanan ikan koi ini bisa dipotong-potong menjadi kecil-kecil agar bisa dikonsumsi dengan mudah oleh si ikan koi. Makanan untuk ikan koi diatas merupakan campuran yang pas yang akan bisa memenuhi kebutuhan ikan koi dengan baik. Didalam racikan makanan ini terdapat banyak nutrisi, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan hias koi.

Perusahaan kami CV. Agro Koi Farm menyediakan berbagai jenis serta ukuran ikan koi dengan kualitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Ikan koi yang kami jual merupakan hasil langsung dari budidaya kami sendiri, maka dari itu ikan koi dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perawatan ikan koi atau lain sebagainya, bisa klik disini

Cek Channel YouTube kami di https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPON 085-791-708-791. Informasi lebih lengkap Klik Disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *